Kiluan Negeri – Kopi adalah minuman paling populer dan paling digemari banyak orang. Kandungan antioksidan yang tinggi, menjadikan kopi sebagai salah satu minuman terbaik. Kopi mengandung kafein, stimulan alami yang dikenal memberi banyak energi dan membantu tetap terjaga saat merasa lelah. Tapi manfaat tersebut hanya ada dalam kopi hitam, yakni kopi bubuk asli tanpa tambahan gula, krim dan susu.

Seperti dilansir dari Boldsky, kopi hitam yang disajikan tanpa tambahan apapun, dinilai memiliki banyak manfaat. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Minum kopi tanpa menambahkan gula dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan peradangan sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian telah menunjukkan, bahwa mengonsumsi kopi dapat menurunkan risiko stroke sebesar 20 persen.

2. Menurunkan Berat Badan
Kafein telah terbukti membantu dalam proses pembakaran lemak dan telah terbukti meningkatkan laju metabolisme sebesar 3 hingga 11 persen. Sebuah studi menunjukkan efektivitas kafein dalam proses pembakaran lemak sebanyak 10 persen pada orang gemuk dan 29 persen pada orang kurus. Dengan mengonsumsi kopi tanpa gula, terbukti dapat membantu membakar lemak dengan meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Meningkatkan Memori
Manfaat lain dari minum kopi tanpa pemanis adalah membantu meningkatkan fungsi memori dengan membantu otak tetap aktif. Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan penyakit Alzheimer hingga 65 persen.

4. Mengurangi Risiko Diabetes
Minum kopi dengan gula meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa orang yang minum kopi hitam tanpa gula, memiliki risiko 23 hingga 50 persen lebih rendah untuk terkena penyakit ini. Penderita diabetes juga harus menghindari kopi yang sarat gula, karena mereka tidak dapat mengeluarkan cukup insulin, dan minum kopi dengan gula menyebabkan gula menumpuk di dalam darah.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson
Menurut profesor Achmad Subagio dari Lembaga Penelitian Universitas Jember, minum kopi hitam dua kali sehari mencegah risiko penyakit Parkinson. Hal ini karena kandungan dalam kafein dapat meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.

Penyakit Parkinson mempengaruhi sel-sel saraf otak yang menghasilkan dopamin, suatu neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal antara sel-sel saraf otak. Jadi, dengan minum kopi tanpa pemanis, dapat mengurangi risiko penyakit Parkinson hingga 32 hingga 60 persen

Mulai saat ini kita biasakan minum kopi hitam tanpa gula dengan merasakan sensasi minum Palapa Coffee yang citra rasa yang nikmat

Sumber Berita : https://suarapalu.com/manfaat-minum-kopi-hitam-tanpa-gula/

Artikel Terkait