Pekon Kiluan Negeri Kecamatan Kelumbayan Kab. Tanggamusadakan diskusi pemetaan potensi pekon. Diskusi tersebut dilaksanakan pada jum’at, 03 Juli 2020 yang di hadiri Aparatur Pekon Kiluan Negeri, Ketua BHP, Ketua LPM, Ketua Karang Taruna, BUM-Pekon, Ketua Pokdarwis Peggawa, RT dan Kadus Pekon Kiluan serta Tenaga Ahli Pendamping Desa dan Tenaga Ahli Pendamping Perekonomian Desa Kabupaten Tanggamus.

Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik sudah mengelola semua sumber daya yang dikelola dengan baik. Tujuan meningkatkan diskusi ini tidak lain untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD). . Dalam pemetaan ini tetuntunya Pontesi yang akan di rengking adalah pentensi yang bisa menghasilkan PAD, dengan tujuan adanya pemetaan potensi Desa di harapkan Pekon Kiluan Negeri dapat bangkit bersama- sama masyarakat dalam mewujudkan PAD yang lebih unggul, pekon akan semakin berkembang, maju dan mandiri untuk status dalam penilaian Indeks Desa Membangun (IDM), dalam penilaian ini harapan masyarakat pekon agar mampu bersaing dalam kancah peradaban abad 4.0 dimana mobilisasi perekonomian dengan cepat tumbuh dan berkembang di era globalisasi kini, harapan itupula tak luput dari harapan masyarakat untuk mendapat dukungan penuh dari Kabupaten Tanggamus maupun dari Provinsi Lampung sehingga Visi ini dapat terwujud dalam mensejahterakan masyarakat. “Katakan Taufiqul (Pendamping Desa Pemberdayaan).

 

Kegiatan Pemetaan Potensi desa sudah dilaksanakan di Pekon Kiluan Negeri, pemetaan potensi Pekon saat ini dilaksanakan di Kantor Pekon kegiatan mulai Pukul 10.00 WIB sampai 16.00 WIB. Pemetaan yang berlangsung sangat antusias dan kodusif. Ketua Pokdarwis pekon Kiluan Negeri Riko Stefanus akan menggagas objek wisata baru yaitu kampung wisata dan sunset terbaik di atas talang mulyan utuk menjadi wiasata pendukung lumba-lumba, serta itu juga ketua pokdarsin salah satu produk ungulan Pekon Kiluan Negeri adalah Ikan Asin (pak Abas) , ”Sangat enak dan enak, dan saya sering mendapat koordinat ikan hingga 30 kg, akan tetapi butuh inovasi dalam pengemasan”.

Pekon Kiluan Negeri yang merupakan Pekon Wisata menjadi latar belakang pentingnya diadakan Pemetaan Potensi Pekon agar tercipta inovasi objek wisata yang terinspirasi baru dan memenuhi kreteria trend wisata saat ini. dalam kesempaan ini juga ketua LPM bang Solhan menyampaian usulan untuk menghujutkan filotprojek pembuatan badan jalan  dari Kiluan Balak, Sinar Agung menuju KiluanJaya  pada tahun 2020. terhujutnya akses jalan ini maka akan membuka beberapa Sport Wisata baru, Batu Candi, Batu Naga, Batu Suluh sampai Gigi Hiu, sera seluruh wisata pesisir kelumbayan akan dapat  di akses dengan mudah ” ungkap bang solhan

Melihat kebelakang Pekon kiluan Negeri sempat drop dengan pengunjung yang datang dengan beberapa kejadian pengunjung di laguna, tsunami, dan pendemi Covid-19, wisata pekon Kiluan Negeri sempat meroket di tahun 2015 s/d 2017, ini menjapai PAD 80 juta pada tahun tersebut. 

Maka perlu adanya Inovasi untuk melakukan daya tarik pengunjung ke Teluk Kiluan

Melalui Pemetaan Potensi yang ada di Pekon Kiluan harapan dapat diuraikan Kedapan menjadi pekon Hebat di Kabupaten Tanggamus. Kemudian dalam tahapan selanjutnya mejadi Pekon Maju dan mengarah ke Pekon yang Mandiri.

Pesan ini mendapat respon dari masyarakat yang berantusias, bahu membahu dalam pengembangan Potensi yang dimiliki agar dapat mensejahtrakan masyarakat dan pekon Kiluan bisa jadi file projeck untuk kemandirian Desa. Setelah terdata potensi Pekon Kiluan Negeri maka mulailah berbenah dari pemerintah pekon, palaku wisata (pokdarwis), UMKM dan BUMDes Kiluan Sejahtera untuk sama-sama bersinergi dalam mewujudkan nawacita Pekon Kiluan Negeri, asalkan dapat membantu perkembangan potensi pekon Kiluan katanya. ” pak Beni Indragustian (TA. PED Kab.Tanggamus).

 

Kepala Pekon dan seluruh lapisan Masyarakat selalu mendukung dan menyambut program pengembangan potensi ini untuk proses pembangunan pekon Kiluan Negeri menjadi pekon mandiri dan siap bersaing dengan ekonomi global saat ini, dengan dukungan yabg sangat positif dari masyarakat pemberdayaan dan pengembangan SDM, maka pemetaan potensi ini dapat di respon menjadi benih- benih dalam kelompok masyarakat untuk pengembangan SDA yang ada di Pekon Kiluan Negeri “Tegas Pak Kadek Sukresene (Kepala Pekon Kiluan Negeri)

Sumber Berita https://www.desapedia.id/membanggakan-ammdes-yang-dikembangkan-era-menperin-airlangga-hartarto-menembus-pasar-dunia/

Artikel Terkait